Memesan PCB di Bandung

pll-uhuy

PCB Phase Locked Loop

Membuat PCB sudah menjadi kebutuhan bagi banyak kalangan di Bandung. Mulai dari mahasiswa untuk membuat tugas elektronika, komunitas DIY, sampai kalangan profesional. Untungnya di Bandung sendiri ada beberapa alternatif toko/ fabhouse yg menyediakan jasa pencetakan PCB. Antara lain spectra (kng@bdg.centrin.net.id), multikarya, dan selc ( selc-pcb@bdg.centrin.net.id).

Memang sebenarnya kita bisa mencetak sendiri PCB, tapi kok saya merasa malas ya membuat sendiri. Cara membuat PCB sendiri itu unik sebenarnya. Prinsipnya substraktif, dari papan full tembaga, dietching sehingga hanya tersisa jalur tembaga yang diinginkan. Gimana cara membedakan jalur yang diinginkan? dengan mentransfer jalur dari kertas film ke papan tembaga. Papan tembaga kemudian akan tertutupi oleh jalur-jalur tinta film. Sehingga, ketika dicelupkan ke asam FeCL3, hanya jalur yang tertutup FeCL3 yang tersisa. Menarik sebenarnya (^-^)

Kalau buat sendiri, pertama kita harus memberi papan tembaga dan bubuk FeCl3. Kedua, mencetak alur ke kertas film memakai printer laser. Ketiga, dari kertas film di transfer ke papan tembaga dengan menggunakan setrika panas. Keempat, papan tembaga yang sudah memiliki alur sirkuit di celupkan dalam larutan FeCL3, sehingga hanya tersisa jalur yang diinginkan. Kelima, buang limbah FeCl3. Wah, repot sekali ya.

Positifnya murah dan cepat. Negatifnya, repot dan time consuming. Belum tentu juga hasilnya etchingnya bakal rapih. Kalau saya, mending beli dari toko yang sudah profesional, pasti lebih bagus kan (padahal males).

Nah berikut pertimbangan dalam memesan PCB sehingga harga yang didapatkan bisa murah dan kualitas bagus:

1. Substrat

Substrat yang standar pakai FR4 (Epoxy), kalau mau yang murah pakai  FR2 (Pertinax). Harga papan FR4 per buahnya sekitar Rp.12500 kalau di spektra. Harga dihitung per papan.

2. Kertas Film

Biaya Kertas film sekitar Rp. 12.500. Film cukup dicetak sekali, sebagai panduan mencetak. Meskipun cetak papan 10 atau 100, tetap bayar hanya Rp.12.500.

3. Masking

Masking merupakan pemberian lapisan di atas permukaan substrat, untuk mengisolasi. Lapisan masking juga yang memberikan warna dari PCB. Warna Masking bisa hijau, merah, putih, kuning tergantung toko. Harga masking sekitar Rp 25.000. Harga masking ini tidak dihitung per papan, tapi per ukuran, jadi kalau beli 5 papan, tapi ukurannya dibawah ukuran standar, bayarnya tetap Rp. 25.000

4. Jumlah Layer

Untuk PCB double layer, harganya lebih mahal.Bisa sampai Rp. 40.000 per papan.

5. Bentuk

Untuk bentuk yang tidak standar, tidak kotak, biasanya dikenakan biaya potong. Saya pernah membuat shield berbentuk Arduino, terkena biaya potong sebesar Rp. 6000

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s